Rabu, 25 November 2009

RENUNGAN KEPADA BALIKU

setelah melihat video ini.. renungkan dan pahamilah, bahw nilai budaya kita sudah banyak yang bergeser, mulai dari nilai seni, musik dan peradaban. kita sudah mulai terlena dengan keterkenalan kita, boleh terkenal tapi jangan lupa dengan apa yang menyebabkan kita terkenal. Bali terkenal dengan alamnya, dan yang terpenting Bali sangat terkenal dengan masyarakatnya yang ramah. tapi lihatlah fenomena sekarang, orang Bali sudah tergerus moral, justru orang Bali seolah-olah menjadi tamu di daerah Bali. contoh kecil brapa orang Bali sih yang mengetahui bahasa bali? dari yang tau berapa orang bali sih yang mengerti? dari yang mengerti berapa orang Bali sih yang menggunakan bahasa Bali? dari yang menggunakan bahasa bali berapa orang lagi sih yang mau mengajarkan kepada anak-anaknya?

dari fenomena ini, mulailah kita berfikir dan berintrospeksi diri, jangan menyalahkan orang lain, mari kita perbaiki Bali mulai dari diri kita sendiri.. kita semua cinta Bali.. Indonesia cinta Bali bahkan duniapun mencintai Bali..

1 komentar:

satrio thenightmare mengatakan...

ya kini memang bali tlah brubah sdemikian pesat seiring perkembangan zaman modern ini.juga masyarakatnya mulai meninggalkan cultur nya. sharusnya Bali bukan hanya djadikan lahan bisnis namun juga harus dijaga pula kebudayaan & kekayaan alamnya. karena Bali tiada duanya lagi didunia yg mempunyai budaya & keindahan seperti itu ! sungguh sangat disayangkan apabila bali meninggalkan jati-dirinya !!!!